6 Bahaya Terlalu Lama Menonton Televisi Bagi Kesehatan Tubuh

0
185

Berkabar.id – Menonton televisi terlalu lama nyatanya memang memberikan dampak buruk bagi fisik. Berdasarkan fakta penelitian, menghabiskan banyak waktu di depan televisi berpotensi terserang beragam penyakit.

Penelitian menyebutkan, permasalahan kesehatan semisal Alzheimer, asma, diabetes hingga masalah ginjal kerap menyerang jika teralu lama berada di depan televisi. Orang yang terlalu lama berada di depan televisi juga memiliki kualitas diet yang rendah. Hal itu kerap dikaitkan dengan permasalahan kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Berikut ini 6 dampak negatif terlalu lama berada di depan televisi, seperti dirangkum Berkabar.id dari berbagai sumber.

1. Memicu meningkatnya resiko penyakit jantung
Melihat televisi terlalu lama (lebih dari 4 jam sehari) dapat menyebabka masalah atau penyakit pada organ jantung. Ini dikarenakan, saat seseorang menonton televisi, maka tubuhnya sedikit sekali bergerak dalam waktu yang relatif lama.

2. Jam tidur malam yang tidak teratur
Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya untuk mempertahankan kesehatan tubuh itu sendiri. Membiarkan mata untuk melihat acara televisi hingga larut malam tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.

3. Memperbesar resiko diabetes
Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menghasilkan bahwa resiko penyakit diabetes akan meningkat mencapai angka 14 persen, saat seseorang menonton televisi selama dua jam dalam seharinya.

4.Penambahan berat badan berlebih atau kegemukan
Kegemukan pada tubuh tentu memicu munculnya berbagai masalah dan gangguan kesehatan serta penyakit. Kurang aktif bergerak serta mengemil berlebih saat menonton televisi merupakan faktor pemicu obesitas atau kegemukan itu sendiri.

5. Meningkatnya resiko serangan asma
Menonton televisi dengan durasi yang lama dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap 3000 anak, mulai usia bayi sampai dengan usia 11 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak tersebut akam memiliki resiko menderita asma dua kali lipat saat melihat acara televisi selam dua jam atau lebih setiap hari.

6. Menurunkan kesehatan organ mata
Saat menonton acara favorit ditelevisi, organ mata akan jarang berkedip dan selalu fokus pada satu objek didepannya. Hal inilah yang akan membuat organ penglihatan akan menurun dari waktu ke waktu.

Berita sebelumyaDisebut Sebagai Calon Pengganti Novanto di DPR, Azis Syamsuddin Coba Izin ke Jokowi
Berita berikutnyaJembatan Terpanjang di Papua Diperkirakan Rampung Juni 2018