Inilah Cara Melihat Hujan Meteor Leonids Malam Ini, Jangan Lewatkan

0
534

Mengamati indahnya bintang-bintang dimalam hari adalah hal yang menakjubkan. Apalagi menyaksikan fenomena alam seperti hujan meteor.

Dilansir dari Nationalgeographic.co.id, hujan meteor Leonid sudah bisa diamati sejak (6/11/2017). Namun, nanti malam lah puncak hujan meteor yang akan terjadi, yaitu sekitar pukul 02.00 WIB.

“Radiant Leo akan terbit sekitar pukul 02.00 WIB, dan hanya akan terjadi setahun sekali,” ujar Mutoha, Arkanuddin, pendiri Jogja Astro Club pada Rabu (15/11/2017).

Hujan Meteor Leonids terjadi pada tahun 2001 dan leonidsnya pernah mencapai jumlah 3.000 meteor per jam. Tahun ini hujan meteor leonids terjadi di pertengahan bulan November, tepatnya tanggal 17-18.

Pada saat itu, para ilmuwan menyebutnya sebagai badai meteor. Fenomena hujan meteor Leonids sendiri adalah saat kemunculan meteor dari radiant wilayah Rasi Leo dalam jumlah tertentu pada suatu periode.

Dan kali ini merupakan puncak dari penampakan meteor tersebut. Badan antariksa Amerika Serikat atau NASA memperkirakan Leonids kali ini akan menghasilkan banyak meteor.

Kondisi tersebut juga tergantung dengan cuaca yang mendukung. Cuaca yang mendukung berarti pengamatan tidak terganggu cahaya bulan serta posisi bumi berada dekat “sarang meteor”.

Untuk kamu yang suka mengamati fenomena hujan meteor ini, bisa melakukannya dengan cara sebai berikut, Carilah lokasi yang gelap, tapi yang aman dan nyaman. Jangan lupa siapkan alat rekam. Kemudian, arahkan pandangan ke sisi langit timur.

Satu hal lagi yang tidak boleh kamu lupakan adalah lihatlah cuaca. Jangan sampai cuaca mendung ya. Jadi berdoalah supaya cuaca tetap terang benderan. Selamat menikmati fenomena Alam yang eksotik. (CPA)

Berita sebelumyaMengerikan! Luka di Jari Membuat Pekerja Ini Terkena Bakteri Pemakan Daging Mematikan
Berita berikutnyaViral, Video Remas Payudara SMK Bali Beredar, Empat Siswa Dikeluarkan