Wah, Jack Sparrow Ternyata Seorang Mualaf?

    0
    443
    Kapten Jack Sparrow ternyata bukan tokoh fiktif, dan ia merupakan mualaf.

    Siapa yang tak kenal dengan Jack Sparrow? Tokoh bajak laut dalam film Pirates of the Carribean ini sudah melegenda dan menjadi idola banyak orang.

    Sejak dikeluarkan filmnya pertama kali pada tahun 2003, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, tokoh Jack Sparrow yang diperankan Johnny Deep ini mampu mengambil hati banyak orang. Ditambah lagi dengan sekuelnya yang lain seperti Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006), At World’s End (2007), On Stranger Tides (2011), dan yang baru rilis Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017).

    Tokoh Jack yang selalu tampil nyeleneh tapi banyak akal ini meraup sukses dan mencapai popularitas, apalagi Johnny Deep mampu memainkannya secara apik.

    Kepopuleran Jack, tak hanya dikenal lewat film tapi juga dalam buku prequel, game video, serta wahana permainan di Disney yang juga dinamakan wahana Pirates of the Caribbean dan menempatkan tokoh Jack sebagai tokoh utama dalam wahana permainannya.

    Namun siapa yang mengira, tokoh Jack Sparrow dalam film Pirates of the Caribbean itu merupakan tokoh nyata yang ada dalam sejarah. Bahkan, sosok Jack Sparrow ini merupakan seorang Muallaf yang di akhir hayatnya memeluk Islam.

    Nama asli Jack Sparrow adalah Jack/John Ward, ia juga dikenal dengan nama Jack Birdy atau Jack Asfour. Dijuluki Jack Sparrow atau Jack Birdy atau Jack Asfour karena obsesinya pada burung-burung kecil atau burung gereja.

    Jack lahir di Inggris, dan menjadi bajak laut kenamaan di perairan Eropa. Ia hidup pada tahun 1553 – 1622. Mulai menjadi bajak laut pada tahun 1603 dengan merompak kapal-kapal di perairan Eropa.

    Aksi pembajakannya terus meluas hingga perbatasan perairan Eropa dan Afrika. Ia membajak kapal-kapal yang menuju Laut Tengah. Tahun 1605, kemudian ia melarikan diri ke Tunisia. Disanalah kemudian kapten Jack Sparrow mengenal Islam. Ketika itu, Tunisia berada di bawah kekuasaan Ottoman.

    Sesudah ia mememeluk Islam, nama Jack Sparrow berganti menjadi Yusuf Reis. Kebiasaannya minum alkohol pun berhenti seiring ia masuk Islam. Namanya pun harum pasca menyelamatkan ribuan muslim dan yahudi Spanyol dalam sebuah pelayaran. (Adfi)

    Berita sebelumyaTips Melatih Anak Berpuasa
    Berita berikutnyaKantongi Izin Kemendag, Bulog Kembali Siap Import 5.000 Ton Daging Kerbau