Non-muslim pun ikut bahagia ketika bulan ramadhan

0
517

Menurut Agama Islam bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, lalu pahala juga akan dilipat gandakan. Namun dalam sudut pandang umum ternyata bulan ramadhan juga dapat memberikan kesan positif termasuk bagi non-muslim.

Ketika bulan ramadhan perputaran uang akan sangat cepat, maka dari itu wajar jika banyak orang atau pengusaha yang memulai usahanya pada saat ramadhan datang. Walaupun berpuasa sekalipun usaha makanan pada bulan ramadhan tetap akan laris.

Selain itu bulan puasa juga memberikan dampak positif untuk menjalin silaturahmi, seperti melakukan silaturahmi dengan acara bukber atau buka bersama. Ajang bukber ini sering dimanfaatkan untuk bertemu dengan teman, SD, SMP, SMA, Kuliah, maupun teman kerja untuk bisa berkumpul dan makan bersama, baik muslim maupun non-muslim biasanya tidak keberatan melakukan bukber tersebut. Alhasil bulan puasa bisa menyatukan yang terpisah dan menghangatkan yang kesepian.

Suasana membangunkan sahur, ini merupakan salah satu kegiatan yang ada setahun sekali, kegiatan ini cukup unik dan seru, berjalan menyusuri kampung ataupun komplek dengan membawa bedug, atau benda-benda yang nyaring ketika dipukul. Walaupun sebenarnya membuat berisik dan cukup mengganggu bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa, tapi kegiatan ini bisa sekaligus membantu keamanan lingkungan sekitar rumah dari ancaman pencuri.

Lalu hal yang membuat gembira lainnya adalah libur Hari Raya Idul Fitri yang sering dimanfaatkan untuk pulang kampung atau biasa disebut mudik, ini merupakan hal yang paling sering dinanti oleh para perantau di mana mereka dapat bertemu dan berkumpul dengan para keluarga, dapat bertemu dengan orang tua, dan melihat kampung halamannya. Mudik bukan hanya dilakukan muslim, banyak non muslim pun yang ikut melakukannya, hari libur ini juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur.

Dengan datangnya bulan ramadhan ini semoga agama islam maupun agama lain bisa merasakan keuntungan, dan tidak ada yang dirugikan.

 

Berita sebelumyaMercedes Benz A 45 AMG Mesin Bertenaga Besar
Berita berikutnyaUcapkan Selamat Ramadhan, Lindsay Lohan Berpuasa ?