Salut, Pengawalan Rombongan Presiden Jokowi Tanpa Kegaduhan Sirine

0
531

Rombongan Presiden Joko Widodo – RI 1, dari Istana Bogor menuju Istana Negara Yang berada di Jakarta Pusat tiap pagi harus melewati jalanan yang begitu macet. Kita ketahui bahwa, Presiden Joko Widodo menetap di Istana Bogor, Jawa Barat.
Perjalanan ini Lengkap dengan protokoler jalanan dengan mobil pengiring, dan sniper. Yang berbeda dari perjalanan rombongan RI – 1 ini adalah Tidak ada suara Sirine dan strobo layaknya pejabat negara yang hendak lewat dikeramaian.
Padahal, pemanfaatan sirene untuk membuka jalan saja tidak dilakukan oleh orang nomor satu di negara ini. Untuk pengawalan presiden di jalan raya, Paspampres menggunakan cara tidak agresif dan santun.
Dalam rekaman video ini diperlihatkan, seorang petugas dengan pakaian seragam lengkap memperingatkan untuk tidak membunyikan sirine atau klakson selama perjalanan mengawal presiden Joko Widodo.
Dalam video tersebut juga dijelaskan, jika saat melakukan pengawalan mobil kepresidenan, tidak ada penutupan jalan, dan mengalir seperti biasa. Jadi, ketika rombongan presiden lewat tidak mengganggu masyarakat umum.
Para petugas dalam rangkaian pengawalan kendaraan Kepresidenan terdengar mengeluarkan kode-kode yang digunakan dalam pengawalan. Mereka tampak tidak mengeluarkan suara sama sekali. Hanya sang komando saja yang selalu mengingatkan untuk memberikan jempol ke pengguna lain sebagai ungkapanterima kasih sudah memberikan jalan kepada Pak Jokowi, sebutan akrab untuk Presiden Indonesia ini.
Kode-kode itu di antaranya, “Rapatkan pedati (rangkaian mobil)”. “Angkat atau turunkan pedal (gas)”. “Pertahankan jalur”. “Alirkan jalur kiri”. “Jangan agresif (marah)”, dan “berikan acungan jempol (pujian) kepada pengemudi yang memberi jalan”.
Video ini diunggah oleh Je CHANEL dan dipublikasikan tanggal 6 Apr 2017 serta ditonton 792.708 kali. (CPA)

Berita sebelumyaSalam Dua Jari Akhiri Masa Bakti Ahok-Djarot
Berita berikutnyaInilah Beberapa Dampak Negatif Jika Membentak Anak-Anak, Bisa Membahayakan