Ternyata tato berbahaya bagi kesehatan

0
312
Foto diambil dari youtube.com

Ternyata tato berbahaya bagi kesehatan

 

Tato merupakan seni lukis tubuh yang paling populer terutama dikalangan anak muda saat ini, pada era sekarang di beberapa negara, tato tidak lagi identik dengan dengan penjahat atau preman. Tato sekarang sudah menyebar ke berbagai lapisan masyarakat, diantaranya pemain bola, selebritis, kaum pria maupun wanita, anak muda, maupun orang tua banyak yang membuat tato di tubuhnya.

Tapi di Indonesia sendiri tato mengundang banyak kontroversi, dengan penduduknya yang mayoritas muslim, dalam agama Islam tato sangat dilarang. Orang yang memiliki tato di tubuhnya kerap di cap kurang baik dan tidak sopan oleh masyarakat Indonesia.

Bagi kalian yang ingin membuat tato di tubuh sebaiknya dipertimbangkan kembali, karena tato berbahaya bagi kesehatan kalian, berikut alasannya yang dilansir dari Livescience.

  1. Infeksi

Proses pembuatan tato ada yang dilakukan dengan tidak steril sangat beresiko terhadap infeksi HIV, hepatitis C, lalu bisa berlanjut jadi kanker.

  1. Alergi

Saat pertama kali membuat tato boleh jadi tidak timbul reaksi alergi. Tapi itu bukan berarti yang bersangkutan sepenuhnya aman, karena bisa saja reaksi alergi muncul pada tattoo berikutnya. Alergi karena tato memang sangat mungkin baru muncul pada tato kedua, ketiga dan seterusnya. Atau dari tattoo yang sama tapi baru muncul beberapa bulan kemudian.

  1. Penyakit yang tersamarkan

Salah satu bahaya tato yang mesti diwaspadai para penggemar tato. Sebagaimana diketahui sebagian kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma sering bisa dideteksi dari berubahnya tekstur permukaan kulit. Pembuatan tato kerap kali menyamarkan perubahan tekstur di permukaan kulit tersebut.

  1. Kulit terbakar sinar matahari

Beberapa jenis tinta tato mengandung cadmium. Kandungan cadmium dapat meningkatkan resiko kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Dan yang paling banyak dilaporkan menimbulkan reaksi kulit terpapar sinar matahari adalah tinta warna kuning, hitam, merah dan biru.

  1. Reaksi ion listrik

Seorang pemain sepakbola professional menderita luka bakar saat melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging). Luka bakar tersebut ditemukan pada tato warna hitam yang ada di tubuhnya, luka bakar tersebut akibat arus listrik yang dihasilkan oleh tinta tato yang mengandung besi oksida. Selain warna hitam, tinta tato warna merah juga dilaporkan banyak mengandung besi.

 

Berita sebelumyaPemotongan Pasokan Minyak Dunia Diperpanjang
Berita berikutnyaSuasana Mencekam Pasca Ledakan Di Manchester