Sudah makan tapi masih merasa lapar? Ini penyebabnya

0
313

Sudah makan besar tapi masih merasa lapar sering disebut rakus, normalnya perut manusia akan merasa lapar setelah empat sampai lima jam setelah makan besar terakhir. Karena zat gizi telah dicerna tubuh setelah mengalami metabolisme oleh hormon.

Namun ada beberapa orang yang merasakan lapar yang datang lebih cepat sebelum waktu normalnya, jika ini dibiarkan begitu saja akan berdampak pada berat badan dan kesehatan sendiri. Tapi masalahnya rasa lapar yang tidak dituruti akan membuat tubuh lemas, tidak fokus, dan sulit berkonsentrasi.

Lapar itu merupakan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh karena tubuh memerlukan asupan energi. Energi penting untuk tubuh agar mampu menjalankan aktivitas. Tetapi pola makan tetap perlu dijaga, disarankan kita makan tiga kali sehari, jika lebih banyak mungkin ada yang eror di perut kita.

Berikut penyebab lapar yang perlu diketahui.

  1. Persediaan gula darah menipis

Gula atau karbohidrat digunakan sebagai sumber energi, jika kandungan gula menurun dan menipis tubuh akan memberikan sinyal ke otak untuk memberikan rasa lapar.

  1. Kondisi lambung

Kondisi lambung yang kosong akan membuat seseorang merasa lapar, kondisi percepapatan pengosongan lambungdipengaruhi menu sarapan, minuman yang dikonsumsi, serta menelan makanan yang tergesa-gesa.

  1. Kekurangan gizi

Saat seseorang mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak berupa rasa lapar.

  1. Cuaca dingin

Cuaca dingin dapat membuat mudah lapar karena suhu yang dingin bertabrakan suhu tubuh yang hangat.

  1. Haid

Alasannya pada fase menstruasi atau menjelang menstruasi hormon progesterone akan meningkat. Meningkatnya hormon tersebut juga akan meningkatkan kenaikan emosi diikuti dengan kenaikan nafsu makan wanita.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat hormon ghrelin menjadi meningkat dan membuat kalian merasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan padat dengan karbohidrat sebab tubuhnya membutuhkan energi. Jadi tidak heran orang yang suka begadang atau kurang tidur sering mengalami obesitas.

  1. Sakit maag

Sakit maag menyebabkan asam lambung yang ada di lambung bisa dengan cepat mencerna makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan sehingga tubuh akan mudah merasakan lapar.

  1. Minuman soda

Minuman soda maupun minuman yang beralkohol akan menghasilkan zat asam di dalam perut. Zat asam akan memudahkan mencerna makanan yang masuk, dan tubuh pun akan terasa mudah lapar

  1. Stress

Hormon yang mengendalikan stress akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak akan merespons dengan memberikan sinyal rasa lapar ke tubuh. Itulah mengapa orang yang sedang stress akan makan lebih sering.

 

Berita sebelumyaPermintaan Daging Segar Menurun di Masyarkat, Apa Penyebabnya ?
Berita berikutnyaAsus Gunakan Teknologi Ryzen