Subhanallah, 4 Pemimpin Ini Ternyata Hafidz Qur’an

0
441

Memangku jabatan dalam pemerintahan memang tak hanya membutuhkan kepintaran ilmu mengatur masyarakat, namun juga harus menjadi teladan yang baik bagi warganya. Sementara itu bagi seorang warga muslim, seorang Gubernur haruslah bisa memotivasi rakyatnya sehingga bisa lebih baik dalam beramal shaleh.
.
Salah satunya adalah kemahiran dalam menghafal Al Qur’an. Selain menjadi amal shaleh, ternyata menghafal Qur’an juga ada korelasinya dengan kepemimpinan. Dikatakan oleh Thomas Stanley dalam ‘The Millionaire Mind’ bahwa ada lima hal yang menjadikan seseorang berprestasi hingga mencapai kesuksesan.
.
Lima hal tersebut adalah jujur kepada semua orang, menerapkan disiplin, bergaul baik dengan orang lain, memiliki suami atau istri yang mendukung dan bekerja lebih giat dari kebanyakan orang.

Kelima hal itu pun nampaknya dimiliki oleh seorang hafidz karena ia akan mengamalkan apa yang telah dihafalnya, termasuk poin dalam melayani masyarakat.

Berikut adalah 4 Gubernur yang hafal 30 juz Al Qur’an atau seorang Hafidz Qur’an.

1. Ahmad Heryawan

Gubernur Jawa Barat. Gubernur yang akrab disapa Aher tersebut merupakan Gubernur yang telah menjabat selama dua periode dan telah meraih 132 penghargaan untuk daerah yang dipimpinnya.

Puncak karier politik yang diraih Aher, tidak jatuh dari langit. Masa kecilnya bahkan bisa dibilang sulit. Aher harus menjalani pendidikan SD hingga SMA di Sukabumi, sambil berjualan gorengan. Kemudian dia berkuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) dengan beasiswa penuh dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Sebagai hafidz Al Qur’an, Aher juga mewajibkan 6 orang anak-anaknya untuk menghafal Al Qur’an.

2. Prof Irwan Prayitno

Gubernur Sumatera Barat. Gubernur yang memiliki 10 anak ini juga telah menjabat dua periode hingga tahun 2020 dan merupakan penulis yang produktif.

Sejak mahasiswa di fakultas psikologi Universitas Indonesia, pehobi motocross ini aktif di berbagai organisasi seperti HMI dan kegiatan tarbiyah. Sebagai gubernur yang juga hafidz Al Qur’an, ayah dari 10 anak ini juga produktif menulis. Belasan buku karyanya telah ditulis dan diterbitkan. Sadar punya keluarga yang besar, Irwan tak sungkan ikut membantu istrinya mengurusi anak-anak dan rumah tangga.

3. M Zainul Majdi

Gubernur NTB. Gubernur yang dikenal sebagai Tuan Guru Bajang merupakan Gubernur termuda karena menjabat posisinya pada usia 36 tahun sehingga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Lulus SD, ia kemudian melanjutkan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdatul Wathon dan Madrasah Aliyah Mu’allimin pancor di NTB. Muhammad Zainul Majdi lalu melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar Cairo, dan mengambil Jurusan Tafsir dan ilmu-ilmu Alquran Fakultas Usluhuddin. Selain itu ia juga meraih gelar doktor dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Ia berhasil melalui ujian di Universitas Al Azhar dalam bidang tahfiz Alquran sebanyak 12 juz.

4. Abdul Ghani Kasuba

Gubernur Maluku Utara. Gubernur ini dahulunya merupakan Wakil Gubernur dan pada periode hingga 2019 ini menjadi orang nomor satu di Maluku Utara.

Ghani menjalani pendidikan SD hingga SMA di Palu, Sulawesi Tengah. Lalu melanjutkan kuliah di Universitas Islam Madinah. Kemudian Ghani menjadi pengurus Majelis Ulama Indonesia di Maluku Utara. Kiprah politiknya diawali dengan menjadi anggota DPR pada tahun 2004.

Berita sebelumyaInilah Sosok Pengganti Ryan Thamrin di Dr OZ Indonesia
Berita berikutnyaKeren, Di Jogja Ada Wisata Rumah Teletubbies