Panda, hewan karnivora yang berevolusi.

    0
    972

    Panda adalah hewan yang tidak asing lagi bagi kita semua,  memiliki lingkaran berwarna hitam di area mata, badannya yang lucu serta menggemaskan, suka sekali memakan bambu membuat hewan ini begitu menarik dan disukai orang-orang.

    Panda merupakan beruang asli yang berasal dari Tiongkok, panda raksasa atau Ailuropoda melanoleuca  bisa mengkonsumsi bambu lebih kurang 13 kg per hari. Hewan ini bisa menghabiskan waktu selama 14 jam dalam sehari untuk memakan bambu. Panda memakan bambu mulai dari daun hingga batangnya. Namun ternyata bambu bukanlah makanan asli ketika hewan ini pertama kali ada.

    Awalnya panda raksasa atau Ailuropoda melanoleuca adalah hewan karnivora, pemakan daging yang telah berevolusi berulang-ulang kali. Pernyataan ini didasari dari hasil penelitian pada bakteri yang hidup di dalam perut dan usus panda raksasa menunjukkan bahwa binatang itu hanya punya sedikit bakteri yang membantu pencernaan tumbuhan berserat seperti bambu.

    Sebaliknya, menurut hasil studi yang dipublikasikan dari American Society for Microbiology, mBio, menunjukan bahwa kebanyakan saluran pencernaan panda berlumur bakteri seperti halnya Streptococcus dan Escherichia/Shigella, dimana organisme tersebut biasanya ditemukan dalam hewan karnivora.

    Bakteri seperti Streptococcus dan Escherichia/Shigella itu kemungkinan merupakan sisa dari panda terdahulu, kata para peneliti. Para peneliti juga menambahkan bahwa panda raksasa kemungkinan mulai makan bambu lebih kurang sekitar tujuh juta tahun lalu, dan sejak dua juta tahun lalu panda menjadi pemakan bambu eksklusif.

    Walaupun saat ini panda suka sekali memakan bambu namun bambu bukanlah makanan yang mudah dicerna bagi mereka. Meskipun dari waktu ke waktu panda raksasa membangun rahang dan gigi yang kuat untuk membantu mereka mengunyah bambu, memiliki tulang pergelangan tangan yang bertindak seperti ibu jari untuk memudahkan mereka menggenggam bambu, tapi saluran pencernaan mereka tetap masih seperti hewan karnivora, dan hanya dapat mencerna makanan tumbuhan sekitar 17 persen dari yang mereka makan.

    Berita sebelumyaPemerintah Siap Danai Temuan Bocah Asal Aceh Ini
    Berita berikutnyaMioma rahim penyebab Haid tak kunjung berhenti