Pria Ini Ketahuan Merokok di Toilet Kereta, Satu Keluarga Diturunkan Paksa

    0
    1014

    Sudah lama PT KAI menetapkan peraturan dilarang merokok di dalam kereta api. Peraturan ini harus dipatuhi semua orang yang berada di dalam keretanya, jika dilanggar sanksi bagi mereka yang ketahuan melakukan pelanggaran dengan diturunkan paksa di stasiun terdekat.

    Masih ada saja orang yang berusaha melanggar, salah satunya seperti merokok dalam toilet kereta api. Seperti yang dialami satu satu keluarga yang menumpang Kereta Api Prambanan Ekspress relasi Kutoarjo-Solobalapan.

    Mereka diturunkan secara paksa di Stasiun Rewulu, Bantul dikarenakan sang ayah ketahuan merokok di toilet kereta api.

    Insiden ini terjadi pada Jumat pekan lalu. Ayah yang menggunakan jaket hitam tertangkap tangan sedang merokok di toilet kereta oleh dua polisi Khusus Kereta (Polsuska). Pria ini sempat bela diri dan terjadi perdebatan antara pria tadi dengan dua Polsuska. Pria tersebut mengatakan dulu merokok di dalam kereta tidak dilarang.

    Akan tetapi, pembelaan pria itu diabaikan Polsuska. Polsuska tegas atas peraturan yang ditetapkan di kereta ini dan akhirnya pria tadi bersama istri dan anaknya diturunkan secara paksa.

    “Dia merokok di dalam kereta, aturannya no smoking di dalam kereta, kita turunkan paksa,” Ujar Arifin salah satu Polsuska.

    Kejadian ini dibenarkan oleh Humas KAI Daop v Purwokerto Ixfan Hendriwintoko. Ixfan menegaskan selain diturunkan paksa, penumpang merokok tidak mendapatkan ganti rugi.

    “Bahwa merokok di dalam gerbong kereta dilarang. Bahkan PT KAI akan menurunkan paksa di stasiun terdekat bagi penumpang yang nekat merokok di atas gerbong. Tak hanya itu, penumpang itu pun tidak diberikan uang ganti tiket,” ucap Ixfan.

    Selanjutnya, tiket kereta yang dibeli penumpang langsung hangus begitu melakukan pelanggaran. Aturan ini sudah lama berlaku. “Prinsipnya kereta harus bebas rokok. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang” tutup Ixfan.

    Berita sebelumyaPolisi Gerebek Markas Pembuat Ijazah Palsu Di Jakarta Barat
    Berita berikutnyaGempa 6 SR Dua Kali Guncang China, Tercatat 13 Warga China Meninggal