Sri Rahayu, Penyebar Hate Speech dan Hoax Akhirnya diTangkap

0
664

Satuan Petugas Patroli Siber telah melakukan penangkapan Sri Rahayu Ningsih alias Ny Sasmita (32), di Ds Cipendawa, Cianjur. Sri Rahayu yang beralamat di Karta Sari RT 03/RW 01 Tulang Bawang Udik, Lampung itu diduga sebagai pelaku ujaran kebencian dan SARA melalui akun media social Facebooknya.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan, tersangka telah melancarkan aksinya sejak setahun terakhir. Konten-konten berbau SARA dan kebencian itu diposting di akun Facebook milik dia.

“Sudah setahun suka posting seperti ini (konten kebencian, SARA, dan hoax),” ucap Fadil pada Minggu, (6/8/2017).

“Barang Bukti disita 4 buah HP berbagai merek, 1 buah flashdisk , 3 buah sim card, 1 buah buku berisi email dan password tsk, 1 buah jaket, 2 kemeja dan 1 buah kaos sesuai foto di FB,” tambah Fadil.

Menurut Fadil, modus yang dilakukan Sri Rahayu adalah dengan mendistribusikan puluhan foto-foto dan tulisan melakui akun FB miliknya dengan berbagai konten. Seperti SARA terhadap suku Sulawesi dan ras China, penghinaan terhadap Presiden, penghinaan terhadap berbagai partai, Ormas dan kelompok, konten hatespeech (ajaran kebencian) dan hoax (berita tidak benar) lainnya.

Belum diketahui secara pasti apa motif Sri menyebar kebencian melalui media sosial selama setahun terakhir. Namun, berdasarkan pengakuan sementara, aksi itu dilakukan untuk menunjukkan kekritisannya.

Akibat perbuatannya itu, Sri Rahayu dijerat dengan Pasal 45 ayat 2 Jo pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan atau Pasal 16 Jo Pasal 4 b1 UU No 40 Tahun 2006 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. (CPA)

Berita sebelumyaMengharukan, Bocah Difabel Ini Hafal Al-Qur’an Dan Berangkatan Orang Tuanya Pergi Haji
Berita berikutnyaDemi Peranya Di ‘AYAT AYAT CINTA 2’, Chelsea Islan Kursus Belajar Biola 2 Bulan