Inilah Beberapa Dampak Bahaya Stres Berkepanjangan

    0
    270

    Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

    Harus Anda ketahui, tidak ada yang bisa menerjemahkan kata stres dengan kata yang tepat. Hanya gejala seseorang mengalami stres yang bisa kita lihat, biasanya stres muncul karena ada masalah besar yang mesti dihadapinya.

    Dampak buruk Stres bisa berakibat fatal bagi kesehatan seperti mudah menimbulkan penyakit kronis bahkan berujung pada kematian, Untuk penjelasan lebih lanjut Anda harus membaca poin-poin di bawah ini.

    1. berisiko stroke

    Kadar stres yang tinggi dapat meningkatkan stroke.

    2. Penyakit kronis

    Penelitian di Johns Hopkins University menunjukan, dampak stres berkepanjangan akan menimbulkan sejumlah penyakit seperti rusak hati, penyakit paru, kanker. Bahkan, stres yang tidak dapat dikendalikan bisa menyebabkan penyakit jantung.

    3. Ukuran otak mengecil

    Kecemasan yang berlebihan akan mengurangi area abu-abu di bagian otak. Area otak ini bertugas menangani kontrol diri dan emosi.

    4. Kemampuan belajar menurun

    Saraf sel punca di hipocampus, menjadi bagian penting dalam proses belajar dan daya ingat. Tetapi saat stres, sel punca akan dilapisi mielin. Hal ini tentu saja mengganggu fungsi kerja otak.

    Apakah ada kegiatan yang bisa menghilangkan stres?

    Inilah beberapa kegiatan yang bisa menghilangkan kadar stres dan meminimalkan kerusakan stres. Yaitu Mediatasi, Olahraga, Nonton komedi, refreshing atau sekadar bercengkrama bersama orang terdekat bisa membuat otak kita lebih rileks dan santai.

    Berita sebelumyaPenting! Inilah 5 Tanda Siklus Haid Yang Tidak Wajar
    Berita berikutnyaKetahuilah Inilah 7 Dampak Buruk Jika kamu kurang Konsumsi Air Putih