Terapkan 6 Kebiasaan Ini Biar Tubuh Tetap Sehat dan Kerjaan Maksimal, Jika Sering Kerja Shift Malam

0
354

Perusahan-perusahan yang beroprasional 24 jam sering kali mengambil kebijaka pergantian shift. Shift malam pasti menuntut jam sirkandian kita berubah, biasanya aktivitas yang dilakukan orang umumnya dilakukan pada siang hari, sebaliknya kita melakukannya di malam hari.

Demi tuntutan kerja, ada beberapa dari kita yang bekerja sampai larut malam atau malah mengambil shift malam.

Namun, sebagian orang, terutama pria, bekerja pada shift malam menjadi hal yang umum. Pastinya kondisi ini membuat kita lebih mudah lelah, konsentrasi menurun dan bahkan jam istirahat yang terbilang terlalu sedikit dan membuat tubuh menjadi tidak sehat, Apakah ada cara untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat?

Berikut ini agar tubuh tetap sehat dan kerja maksimal jika Anda bershift malam, Anda bisa melakukan 5 hal berikut ini.

1. Tidur Yang Cukup

Bagi Anda yang memiliki shift malam, sangat penting untuk mengatur tubuh agar tetap beristirahat.
Anda tidak perlu langsung tidur panjang setelah bekerja, yang perlu kamu jaga adalah tidur yang berkualitas. Jika perlu lakukan modifikasi jam tubuh agar istirahat tetap terjaga.

2. Pastikan Anda Mengkonsumsi Cukup Air Putih

Air putih sangat baik untuk menjaga fokus kita saat bekerja. Dengan meminum air secara cukup, maka otak dan tubuh juga memperoleh cukup banyak oksigen.
Dehidrasi saat menjalankan shift malam akan sangat berakibat buruk untuk kinerjamu.

3. Sempatkan Untuk Tidur Sebelum Bekerja

Lakukan kebiasaan untuk tidur 30 menit sebelum berangkat kerja. Meski sebentar kebiasaan ini akan sangat baik untuk performa kerja saat di kantor.
Jangan tidur terlalu lama lantaran dikhawatirkan kamu akan pusing saat bangun

4. Lakukan peregangan tubuh saat bekerja

Sepertinya terlihat sepele, berjalan santai ke sekeliling kantor akan sangat baik untuk tubuh kita. Terlebih jika kamu adalah orang yang bekerja di atas komputer.
Berkeliling bisa menyegarkan dan melemaskan otot mata yang tegang.
Hal ini akan semakin baik jika didukung dengan tetap berolahraga.

5.  Penerangan Ruang Kerja

Supaya terhindar dari rasa kantuk pastikan pencahayaan di ruang kerja cukup. Paling tidak di area tempatmu bekerja ada dua lampu yang menerangi space kerja. Dengan adanya pencahayaan yang pas indera pengelihatan dan pikiran akan terjaga.

6. Hindari Makan Cemilan

Memang sulit, namun mencemil kurang direkomendasikan saat shift malam. Dikarenakan sistem pencernaan kita terbiasa untuk bekerja pada siang hari dan beristirahat pada malam hari. Jika memang ingin makan makan berat, maka makanlah sbelum pukul 8 malam. Jika Anda merasa lapar, kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran segar.

 

Berita sebelumyaPuluhan Orang Terjebak Didalam Kereta Gantung Di Atas Sungai Jerman
Berita berikutnyaIntip Yuk Wanita Berbie Dari Jogja Yang Bisa Membuat Pria Mimisan