Makan Kuning Telur Ternyata Setara Bahayanya Dengan Merokok, Kok Bisa Ya?

0
783

Kebanyakan orang pasti akan memilih kuning telur ketimbang bagian putihnya. Konon, pada bagian kuning telur ini menyimpan nutrisi dan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, tahukah Anda, jika Anda makan bagian kuningnya ternyata Anda sama buruknya dengan menghisap ROKOK.

Penelitian ini dikatakan oleh Dr. David Spence, ia mengatakan bahwa mengonsumsi kuning telur akan meningkatkan aterosklerosis atau setara dengan mirip menghisap rokok.
Dengan meneliti lebih dari 1200 pasien, Spence menemukan makan kuning telur secara teratur, dua pertiganya bisa meningkatkan penumpuakn plak karotid.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Atherosclerosis. Hal tersebut akan mudah menyebabkan risiko stroke dan sakit jantu secara tiba-tiba.

Atherosclerosis atau penyakit arteri koroner adalah kelainan pada arteri dimana plak akan diperparah oleh kolesterol yang terbentuk di dinding bagian dalam.

Maka jika pecahnya plak tersebut berakibat menyebabkan serangan jantung yang paling umum, berdasarkan 1231 pasien pria dan wanita di London Health Sciences Centre’s University Hospital. Mereka yang sering makan tiga atau lebih kuning telur dalam seminggu akan memiliki area plak yang jauh lebih tinggi dari pada mereka yang hanya makan lebih sedikit per minggunya.

“Sudah lama diketahui asupan kolesterol tinggi dalam kuning telur, meningkatkan risiko serangan jantung. Bagi para penderita diabetes, satu telur sehari bisa berisiko koroner sebanyak 2-5 kali liat,” ujar Spence, seorang profesor neurologi di Schulich School of Medicine & Dentistry di Western.

Jadi, bagi Anda yang menderita diabetes dan memiliki penyakit jantung, sebaiknya Anda harus mengurangi makan kuning telur.

Berita sebelumyaPolisi Gerebek Hotel di Bogor, Bongkar Praktik Prostitusi Online
Berita berikutnyaInilah Tendangan Penalty Terlama Dan Bikin Kesel