Hujan Deras Sebabkan Longsor di Sukabumi, Puluhan Rumah Tertimbun Tanah

0
15

HUjan deras yang mengguyur kampung Garehong terjadi Senin (31/12) sekitar pukul 17.30 WIB menyebabkan tanah longsor yang menutup puluhan rumah yang ada di bawahnya menjadi rata tertimbun tanah.

Upaya pencarian korban akibat tanah longsor di Kampung Cimapag, Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga Selasa (01/01), terkendala akses jalan dan medan yang cukup berat.

“Untuk evakuasi diperlukan alat berat, namun kondisi akses jalan dan medan cukup berat menuju lokasi bencana,” kata juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Selasa (01/01) pagi.

Peralatan berat seperti excavator dalam perjalanan menuju lokasi kejadian untuk membantu proses pencarian terhadap korban longsor, Selasa siang.

Menurut juru bicara Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, ada empat orang meninggal dunia, 39 orang belum ditemukan, dan tiga orang luka berat.

Adapun korban terdampak dari longsor itu sekitar 107 orang (34 kepala keluarga), sementara yang selamat dan berada di lokasi pengungsian sementara ada 61 orang.

“Masih ada longsoran tanah dari bukit setinggi 200 meter, kondisinya masih labil,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiawan, kepada wartawan di lokasi, Selasa pagi.

Berita sebelumyaJokowi Malam Tahun Baruan Santap Angkringan Bareng Paspampres di Istana Bogor
Berita berikutnyaMiris, Dana Penyediaan Air Korban Bencana Di Korupsi Pejabat Kementrian PUPR