4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Naik, Jangan Panik

0
156
4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Naik, Jangan Panik
4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Naik, Jangan Panik

Berkabar.com, 16 Februari 2023 – Saat asam lambung naik akan muncul sensasi tidak nyaman mual hingga dada terasa sesak. Simak 4 cara mengatasi sesak nafas akibat asam lambung.

Penderita asam lambung kerap merasakan sesak nafas ketika penyakitnya kambuh sehingga terkadang sudah terbiasa.

Top Mortar Semen Instan

Namun sesak nafas akibat asam lambung ini kemungkinan dapat berujung maut jika terjadi komplikasi pernafasan lainnya.

Saat asam lambung disertai dengan sesak nafas mulai terasa, ada baiknya Anda tetap tenang dan tidak lakukan cara ini.

4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Naik

Menurut Deborah Lee, MD yang merupakan dokter umum dari online pharmacy Dr. Fox, cara mengatasi sesak nafas akibat asam lambung sangat sederhana.

1. Perbaiki posisi tubuh

Saat asam lambung ini kambuh ketika Anda akan tidur, pilihlah bantal yang lebih tinggi agar asam lambung tidak memicu sesak napas.

Jika gejala sesak nafas ini terjadi ketika Anda melakukan kegiatan ambil posisi tegak dengan duduk rileks untuk menghindari asam lambung ke bagian dada.

2, Pernafasan diafragma

Melakukan pernafasan diafragma dapat meminimalisir sesak nafas akibat asam lambung yang naik. Cara melakukan pernafasan diafragma cukup mudah.

Caranya tarik napas melalui hidung ke bagian diafragma (di bawah dada dan di atas perut). Teknik pernapasan ini akan membuat bagian perut dan dada mengembang bersamaan.

Setelah itu buang napas secara perlahan, lalu tarik nafas lagi melalui hidung sambil merasakan bagian dada dan perut mengembang.

3. Meminum obat asam lambung

Ini adalah cara tercepat, ketika terasa asam lambung mulai naik dan sensasi sesak nafas mulai terasa minumlah obat asam lambung untuk meredakan gejala refluks.

4. Hindari pemicu asam lambung

Setelah minum obat dan sesak nafas sudah mulai berangsur pulih, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa memicu kembali asam lambung.

Makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung adalah minuman bersoda, makanan pedas, makanan asam, kopi, coklat, dan hindari kebiasaan merokok.

Demikian 4 cara mengatasi sesak nafas akibat asam lambung, jika sesak nafas masih tidak membaik ada baiknya segara dikonsultasikan dengan dokter. Semoga membantu.

(***)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here