Top Mortar Semen Instan
Home Lifestyle Anti Boros! 4 Trik Penggunaan AC agar Tagihan Tidak Mahal

Anti Boros! 4 Trik Penggunaan AC agar Tagihan Tidak Mahal

0
5 Trik Penggunaan AC agar Tagihan Tidak Mahal (Foto: Pixabay)

BERKABAR.COM – Memasang AC atau pendingin udara di rumah memang cukup mengkhawatirkan biaya tagihan listrik. Terapkan 5 trik penggunaan AC agar tagihan tidak mahal.

Menginstal AC adalah hal yang cukup wajar dilakukan di Indonesia yang memiliki suhu udara yang cukup hangat. Dengan menggunakan 5 trik penggunaan AC agar tagihan tidak mahal dijamin dompetmu aman.

Sebenarnya seiring dengan berjalannya waktu AC modern didesain semakin hemat listrik namun masih ada yang belum yakin, maka 5 trik penggunaan AC agar tagihan tidak mahal hadir untukmu.

Dilansir dari India Today, jika kamu memiliki keraguan untuk menggunakan AC karena biaya akan membengkak kamu bisa lakukan beberapa cara ini.

5 Trik Penggunaan AC agar Tagihan Tidak Mahal

1. Mematikan AC Saat Tidak Digunakan

Menyalakan AC 24 jam tidak akan membuatmu terlihat seperti orang kaya dan hanya terlihat seperti orang yang boros.

Sangat disarankan untuk menyalakan AC ketika akan digunakan dan mematikannya setelah pergi untuk waktu yang lama.

2. Fungsikan Opsi Timer

Ini bisa dikatakan sebagai life hack. AC biasanya memiliki timer yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan sesuai waktu yang telah di atur.

Disarankan untuk mengatur mematikan AC saat kamu sudah tertidur pulas dan hal ini pun bisa membuatmu berhemat listrik lebih banyak. Cobalah!

3. Servis AC

Servis AC yang dimaksud di sini adalah dengan rutin melakukan pengecekan apakah AC tersebut masih bersih atau tidak.

AC yang memiliki banyak kotoran di dalamnya justru akan menyedot energi yang lebih banyak untuk menggerakan kipasnya selain itu juga tidak sehat jika menghirup udara kotor.

4. Atur Suhu AC yang Tepat

Jika kamu tipe orang yang selalu menyalakan AC pada suhu belasan celcius dengan tujuan agar ruangan cepat dingin, siap-siap membuat boros biaya listrik bulanan.

Menurut Bureau of Energy Efficiency (BEE), suhu AC ideal untuk tubuh manusia adalah 24 derajat celcius. Tidak perlu terlalu dingin yang penting sejuk saja sudah cukup, bukan?

(***)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version